http://iptek.its.ac.id/index.php/jts/article/view/103
Berdasarkan penelitian diatas,
dapat disimpulkan bahwa untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan tabrakan
kapal yang ada dilaut, khususnya dipelabuhan Tanjung Perak Surabaya, maka
dilakukan suatu penelitian untuk menciptakan sistem kendali pada kapal agar
dapat menghindari tabrakan antar kapal maka harus ada pengendalian secara otomatis
agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dalam penelitian tersebut
menggungakan logika fuzzy untuk mengendalikan sudut yaw (sudut belok kapal).
Logika Fuzzy yang digunakan adalah
tipe Sugeno Takagi dangan masukan berupa error yaw, laju yaw, dan jarak kapal
dengan halangan yang ada di depannya. Pengujian dilakukan pada kapal MV Kirana
Sembilan dengan menggunakan sistem kendali pada pada kapal yang tidak ada
halangan, dan dengan adanya gangguan/halangan kapal lain didepan kapal yang
menggunakan sistem kontrol Logika Fuzzy didapatkan
nilai Sistem kontrol yang diperoleh ketika penghalang berada pada posisi 313
meter, kecepatan 15 knot dan kapal menuju error 0,645 sudut yaw menjadi 23,9
derajat dan penghalang berada pada posisi 1.000 meter , kecepatan 15 knot dan
kesalahan kapal heading 0,572 sudut yaw dari 15 derajat . Pemantauan
simulasi yang dilakukan adalah M & C penelitian dengan pembangun sebelum
data baru disesuaikan dengan kondisi riil di jubah perak . Mengingat tiga skenario di dalamnya . Skenario
pertama dan kedua sama-sama diberikan dengan kontrol fuzzy, Skenario pertama
dan kedua sama-sama diberikan dengan kontrol fuzzy, sedangkan untuk skenario 3 tidak diberikan . Kurva halus hasil yang
diperoleh dan untuk dapat menghindari rintangan untuk skenario1 dan 2 .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar