Rabu, 22 Januari 2014

Design of Control and Monitoring System to Avoid Inter-Ship Collisions in West Shipping Lane Tanjung Perak Surabaya


http://iptek.its.ac.id/index.php/jts/article/view/103
 
                Berdasarkan penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan tabrakan kapal yang ada dilaut, khususnya dipelabuhan Tanjung Perak Surabaya, maka dilakukan suatu penelitian untuk menciptakan sistem kendali pada kapal agar dapat menghindari tabrakan antar kapal maka harus ada pengendalian secara otomatis agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dalam penelitian tersebut menggungakan logika fuzzy untuk mengendalikan sudut yaw (sudut belok kapal).
                Logika Fuzzy yang digunakan adalah tipe Sugeno Takagi dangan masukan berupa error yaw, laju yaw, dan jarak kapal dengan halangan yang ada di depannya. Pengujian dilakukan pada kapal MV Kirana Sembilan dengan menggunakan sistem kendali pada pada kapal yang tidak ada halangan, dan dengan adanya gangguan/halangan kapal lain didepan kapal yang menggunakan sistem kontrol Logika Fuzzy  didapatkan nilai Sistem kontrol yang diperoleh ketika penghalang berada pada posisi 313 meter, kecepatan 15 knot dan kapal menuju error 0,645 sudut yaw menjadi 23,9 derajat dan penghalang berada pada posisi 1.000 meter , kecepatan 15 knot dan kesalahan kapal heading 0,572 sudut yaw dari 15 derajat .  Pemantauan simulasi yang dilakukan adalah M & C penelitian dengan pembangun sebelum data baru disesuaikan dengan kondisi riil di jubah perak . Mengingat tiga skenario di dalamnya . Skenario pertama dan kedua sama-sama diberikan dengan kontrol fuzzy, Skenario pertama dan kedua sama-sama diberikan dengan kontrol fuzzy, sedangkan untuk skenario  3 tidak diberikan . Kurva halus hasil yang diperoleh dan untuk dapat menghindari rintangan untuk skenario1 dan 2 .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar